S M A R T D E V T A L A

Loading

Apa itu PHP?

Apa itu PHP?

PHP merupakan sebuah Bahasa pemrograman yang berjalan pada sebuah web server. PHP diciptakan oleh programmer Unix dan Perl Bernama Rasmus Lerdoft pada bulan Agustus – September 1994. Pada awalnya diciptakan hanya dalam berupa script dalam website pribadinya dengan tujuan untuk memonitor siapa saja yang pernah berkunjung ke websitenya.

PHP pada awalnya singkatan dari Personal Home Page (situs personal). Selanjutnya, Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI pada sekitar tahun 1995, dan diperkenalkan kepada programmer pemula dengan alasan Bahasa yang digunakan oleh PHP cukup sederhana dan mudah difahami. Kemudian Rasmus merilis ulang PHP dengan Bahasa C untuk meningkatkan kecepatanya.

PHP/FI

Mulai September – Oktober 1995, kode PHP ditulis ulang dan digabungkan menjadi PHP/FI. Baru di akhir tahun 1995 dirilis bagi umum secara gratis. Dengan harapan jika PHP ini berguna bagi dirinya maka juga pasti akan berguna untuk orang lain.

PHP/FI 2.0 & PHP 3.0

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. pada perilisan kali ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. pada tahun tersebut pula, sebuah perusahaan yang bernama Zend menulis ulang Interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih cepat.

PHP 3.0 & PHP 4.0

Kemudian pada Tahun 1998, perusahaan tersebut merilis PHP 3.0 dan singkatan PHP pun diubah menjadi akronim berulang yaitu PHP, Hypertext Preprocessing.Pada pertengahan tahun 1999, Zend kemudian kembali merilis interpreter PHP baru dan pada rilis tersebut dikenal dengan nama PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

PHP 5

Selanjutnya pada pada 14 Juli 2004, PHP 5 dirilis, ditenagai oleh Zend Engine II yang baru. PHP 5 juga diberikan fitur-fitur baru seperti peningkatan dukungan untuk pemrograman berorientasi objek , ekstensi PHP Data Objects (PDO) (yang mendefinisikan antarmuka yang ringan dan konsisten untuk mengakses database), dan berbagai peningkatan kinerja. Pada tahun 2008, PHP 5 menjadi satu-satunya versi stabil yang sedang dikembangkan.

PHP 7

PHP.net melalui situs resminya telah mengumumkan versi terbaru dari PHP, yakni PHP 7.0.0 resmi dirilis pada tanggal 3 Desember 2015. Ada banyak perubahan signifikan, seperti namespace di PHP 5.3 dan trait di PHP 5.4, tetapi versi yang masih dipakai masih tetap 5.x belum menjadi PHP 7.

Akan tetapi, kemanakah PHP 6? Kenapa dari PHP 5.x langsung update ke PHP 7.x? apakah pihak core developer PHP salah dalam penulisan? Tentu saja tidak. Usut punya usut pada beberapa tahun sebelumnya, presensi dan publikasi rencana pengembangan PHP 6 sudah dikembangkan dan direncakan akan mendukung Unicode dengan menggunakan encoding UTF-16, akan tetapi setelah 4 tahun berlalu kenyataanya project tersebut tidak memiliki perkembangan yang berarti, hingga pada akhirnya PHP 6 dianggap gagal. Sehingga ketika update mayor terjadi pada PHP, diputuskanlah PHP 7 menjadi nama yang pilih karena dianggap PHP 6 sudah pernah dikenal sebelumnya meskipun belum rilis secara resmi. Sampai akhirnya ketika artikel ini ditulis PHP 7.4.1 rilis tepatnya pada tanggal 18 Desember 2019.

 

Sumber : PHP.net

 

Share:

Artikel Sejenis

Cara Mendefinisikan Fungsi di PHP

Bentuk umum pendefinisian fungsi di dalam php adalah sebagai berikut: <?php # # cara mendefini..

Pengertian Fungsi (Function) di PHP

Dalam praktiknya penggunaan function/fungsi merupakan hal yang sangat membantu dalam proses pembuata..

Modularisasi Kode di PHP

Seperti yang kalian fikirkan, tentunya dalam pembuatan sebuah sistem tentu tidak akan bisa dibuat ha..

Komentar