S M A R T D E V T A L A

Loading

Statemen Kontrol di PHP

Statemen Kontrol di PHP

Statemen kontrol adalah statemen-statemen yang digunakan untuk mengontrol atau mengendalikan jalannya eksekusi kode program.

Statemen kontrol dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu

  1. Statemen untuk mengontrol pemilihan, dalam PHP, pemilihan statemen dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu
  • Statemen if merupakan salah satu struktur pemilihan yang akan mengeksekusi statement jika memenuhi kondisi dan jika tidak maka akan diabaikan.
  • Kausa else, berguna untuk menangani statemen if yang melibatkan dua kondisi yaitu memberikan pilihan untuk kondisi yang bernilai benar dan salah.
  • Kausa elseif, pada konstruksi ini terdapat lebih dari satu buah kondisi jadi apabila sebuah kondisi tidak terpenuhi maka akan berlanjut ke kondisi berikutnya tergantung berapa banyak kondisi yang ada.
  • Statemen switch, digunakan untuk melakukan proses pemilihan didalam PHP, mengeksekusi statement jika nilai yang dimasukkan sesuai dengan nilai konstantnya.

 

  1. Statemen untuk mengontrol pengulangan, dalam PHP, anda dapat melakukan pengulangan statemen melalui beberapa cara:
  • Menggunakan for, merupakan perintah pengulangan yang digunakan apabila program sudah mengetahui berapa kali proses pengulangan yang akan dilakukan dan perintah for tidak membutuhkan suatu kondisi terpenuhi.
  • Menggunakan while, merupakan perintah pengulangan yang dipakai apabila program tidak mengetahui berapa kali Jumlah pengulangan dilakukan dan perintah whileini memungkinkan statement yang ada pada konstruksinya tidak dilakukan sama sekali jika kondisi tidak dipenuhi.
  • Menggunakan do-while, do-while sedikit berbeda dengan whilekarena pada perintah do-while statement yang berada pada konstruksinya harus dilaksanakan satu kali walaupun kondisi yang ada tidak terpenuhi.
  • Menggunakan foreach (untuk array), digunakan untuk pengulangan pada saat mengakses elemen-elemen dalam suatu array. 
  1. Statemen Loncat - jump statement berfungsi untuk memindahkan eksekusi dari bagian kode tertentu ke bagian lainnya, seperti break, continue, goto dan return.
  • Statemen break berguna untuk menghentikan eksekusi dari struktur for,while, do-while, foreach, maupun swicth.
  • Statemen continue digunakan untuk mengabaikan eksekusi statemen-statemen yang ada pada indeks aktif (yang ditulis setelah statemen continue) dan memaksa program untuk melanjutkan proses pengulangan ke indeks berikutnya.
  • Statemen goto digunakan untuk memindahkan eksekusi kode program ke baris tertentu yang telah ditandai dengan label.
  • Statemen return digunakan di dalam fungsi dan berguna untuk mengembalikan eksekusi ke baris kode yang melakukan pemanggilan terhadap fungsi bersangkutan. 
  1. Statemen untuk menangani terjadinya eksepsi (kesalahan program). Jenis statemen kontrol yang keempat akan kita bahas secara terpisah pada bab lain.

Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan sampaikan dikolom komentar ini, terimakasih.

Share:

Artikel Sejenis

Cara Mendefinisikan Fungsi di PHP

Bentuk umum pendefinisian fungsi di dalam php adalah sebagai berikut: <?php # # cara mendefini..

Pengertian Fungsi (Function) di PHP

Dalam praktiknya penggunaan function/fungsi merupakan hal yang sangat membantu dalam proses pembuata..

Modularisasi Kode di PHP

Seperti yang kalian fikirkan, tentunya dalam pembuatan sebuah sistem tentu tidak akan bisa dibuat ha..

Komentar